IMG_20140717_212758

Mengendalikan Lampu (LED) melalui Internet (Web – Arduino – LED)


Well….well….welll…..

Ini blog baru saya buka lagi setelah sekian lama saya sibuk dengan berbagai macam aktivitas penting dan tak penting. Okeh, pada posting kali ini topik yang akan saya bahas masih ada kaitannya dengan Arduino dan LED. Sebenarnya, pada postingan terdahulu saya sempat membuat artikel dengan judul “Menyalakan dan Mematikan LED (Lampu) Menggunakan Android dan Arduino via Internet”. Namun, berbeda dengan artikel tersebut, pada artikel ini proses menyalakan dan mematikan lampu tersebut akan dilakukan pada halaman web, maka dari itu judul artikel ini adalah “Mengendalikan Lampu (LED) melalui Internet (Web – Arduino – LED)”. Nah Loh ? Emang bisa ya ? Setelah dipelajari ebih lanjut dan dicari beberapa hardware penunjang, mengendalikan lampu dari halaman web intu memang bisa dilakukan.

Untuk mengerjakan proyek ini diperlukan syarat-syarat khusus tentunya. Pertama, kalian harus mengerti yang namanya bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, JS / JSON, Framework Web dan tentunya pemrograman Arduino. Kedua, harus mengerti konsep database (CRUD = Create-Read-Update-Delete). Dan yang ketiga yang gak kalah penting adalah kalian harus mengerti yang namanya elektronika. Oya, sebelum mulai jangan lupa juga persiapkan komponen-komponen dan hal lainnya yang bakalan dipakai dalam proyek ini ya!

  1. 1 Buah Arduino Uno / Duemilanove
  2. 1 Buah Arduino Ethernet Shield
  3. 1 Buah Kabel USB FTDI
  4. 1 Buah Kabel LAN
  5. 1 Buah Router ADSL / Modem / Hub atau sejenisnya yang terhubung ke Internet
  6. 1 Buah Adaptor
  7. Beberapa Buah LED
  8. Beberapa Buah Resistor 220K Ohm
  9. Kabel-Kabel
  10. Laptop Buat programming + SDK / Tools Buat Programming (Ane pake Netbeans IDE)
  11. Web Hosting (Klo gak ada modal yang gratisan juga gak apa-apa, biar irit)

Kalau semua peralatan tempur sudah siap, saatnya mulai ya… Pertama, buat aplikasi web / halaman web yang berfungsi untuk mengirimkan instruksi ON/OFF dan menampilkan notifikasi apakah lampu berhasil dinyalakan atau tidak. Dalam proyek ini, pembuatan halaman web ane menggunakan framework PHP CodeIgniter, UI nya ane pake Bootstrap, dan databasenya MySQL. Namun, jika kalian tidak terbiasa dalam menggunakan CodeIgniter, kalian bisa menggunakan PHP framework lain atau bahkan tanpa framework juga bisa. Itu sih bagaimana selera kalian ya! Barangkali dari kalian ada yang bertanya-tanya, apa fungsi database? Fungsi database ini adalah untuk menyimpan kondisi lampu dan menyimpan login information dari user. Jadi untuk akses sistem ini gak sembarangan, hanya yang tahu username dan password saja. Nah, di Bawah ini adalah tampilan halaman web yang berfungsi untuk mengendalikan lampu ya.

Web Web

Nah kedua, kalau halaman web tersebut sudah berhasil dibuat, selanjutnya simpan file-file web tersebut di hostingan kalian ya. Dan jangan lupa cek dan recek lagi, barangkali ada yang salah / error.

Ketiga, saatnya mempersiapkan hardware. Pasangkan ethernet shiled di atas Arduino ya. Jangan lupa cek dan ricek barangkali ad apin atau kaki-kaki yang belum masuk ke dalam lubang (port). Untuk pemasangan LED, ane membuat rangkaian pada PCB Matriks nih.

Hardware

Setelah perakitan hardware selesai, saatnya hardware tersebut kita program. Jika masih bingung tentang programmingnya, kalian bisa lihat contoh program yang ada di Arduino Example ya. Untuk memasukkan program dari PC ke Arduino, jangan lupa pasang dulu kabel FTDI nya ya, awas kelupaan. Proses memasukkan program ke dalam Arduino tidak lama kok, hanya sekitar 2-8 detik saja.

Web sudah di upload, Arduino sudah di program, selanjutnya pasangkan kabel LAN (RJ-45) dari ethernet shield ke Router ADSL / Modem / Hub atau sejenisnya yang terhubung ke Internet. Selanjutnya, buka browser yang kamu punya, lalu buka alamat web yang kamu buat sebelumnya, klik salah satu tombol untuk menyalakan lampu. Setelah itu, cek apakah lampu sudah berhasil dinyalakan atau tidak. Kalau lampu menyala, berarti program kamu sudah berjalan dengan baik, sebaliknya program kamu masih ada masalah. Oya, perlu kalian ketahui, proyek ini ane kerjakan barengan ama teman ane yang bernama Dwi Aditya Herfiansyah dan Septian Rizky Maulidar

Kalian mencobanya dan menghadapi masalah? boleh kok tanya-tanya ama ane dan temen-temen ane.

19 comments on “Mengendalikan Lampu (LED) melalui Internet (Web – Arduino – LED)

  1. bro, minta contact line atau bbm nya..
    bantu ane bikin penulisan nih syarat skripsi, ane tertarik sama tulisan agan yg :
    menyalakan/mematikan lampu via internet pake android.

    posisi ane di depok gan, ajarin sampe selse projectnya please

  2. Gan, saya lagi mengerjakan project menggunakan arduino nih. saya jg menggunakan framework php codeigniter, dan ui bootstrap seperti agan. Boleh minta contactnya gan buat sharing2 ilmunya gan, ane pengen blajar tentang koneksi antara arduino dengan webservernya gan hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s