UTama – Universitas Widyatama Bandung


Universitas Widyatama

logo universitas widyatama

Foto : Universitas Widyatama Bandung (foto by : Laurensius D.S)Foto : Universitas Widyatama Bandung (foto by : Laurensius D.S)Foto : Universitas Widyatama Bandung (foto by : Laurensius D.S)

Sejarah Universitas Widyatama di mulai dengan pendirian Institut Akuntansi Bandung (IAB) di bulan Maret 1973 yang membina program studi Akuntansi (S1). Pendirian perguruan tinggi ini diprakarsai Dra. Koesbandijah Abdul Kadir, Ak., seorang praktisi sekaligus pendidik yang seluruh hidupnya diabdikan untuk kepentingan pendidikan. Tahun 1976, Yayasan selaku penyelenggara membuka program studi Manajemen Perusahaan (S1) dengan nama Institut Manajemen Bandung (IMB). Akhirnya kedua Institut bergabung menjadi Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Bandung (STAMPB), yang kemudian – 3 September 1979 – berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB).

Kiprah STIEB yang diakui masyarakat luas mendorong Yayasan mengembangkan beberapa sekolah tinggi lain, yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW, tahun 1995); Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB, tahun 1996); Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV, tahun 1999); kemudian Program Magister Manajemen Widyatama (MM-Widyatama, tahun 2000), serta Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA-Widyatama, tahun 2004).

Universitas Widyatama berdiri 2 Agustus 2001 berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan. Upaya penggabungan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar memiliki daya saing. Langkah lanjut dilakukan Universitas Widyatama adalah upaya serius dan konsisten mewujudkan suatu sistem pelayanan pendidikan dengan standard ISO-9001: 2000.

Kini, Universitas Widyatama merepresentasikan universitas yang dinamis, inovatif, berorientasi ke depan yang menampung sekitar 6.700 mahasiswa serta sekitar 10.000 alumni yang tersebar di dunia kerja.Universitas Widyatama juga telah menempatkan dirinya dalam pergaulan nasional maupun internasional. Melalui kerjasama dengan UNESCO dan Kementrian Riset dan Teknologi dalam rangka menghadapi era masyarakat informasi, Universitas Widyatama ditetapkan sebagai forum komunikasi untuk Asia Pasifik atau disebut Regional Observatory of Information Society in Asia Pacific (ROISAP). Selain itu, Universitas Widyatama merupakan anggota aktif South East Asia Association for Institutional Research dan ditetapkan sebagai penyelenggara konferensi ke lima SEAAIR September 2005 di Bali.

Universitas Widyatama terletak di Cikutra – wilayah Bandung Timur, sebuah lokasi strategis yang mudah dijangkau sarana transportasi kota. Kampus yang terkonsentrasi dengan berbagai fasilitas belajar mengajar memungkinkan universitas menawarkan sebuah lingkungan belajar yang kondusif dan bersahabat.

Selain memiliki lima fakultas, yakni: Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis & Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Disain Komunikasi Visual, Universitas Widyatama menyelenggarakan Program Magister Manajemen (S2) dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi/PPA.

Rentang jalan panjang yang dilalui, mendorong Universitas Widyatama secara konsisten berada di garis depan bersama perguruan tinggi swasta lainnya dalam membuka kesempatan lebih besar bagi sumber daya manusia Indonesia memasuki dunia pendidikan tinggi yang berkualitas, sekaligus menempatkan diri sebagai jembatan bagi anak didik memasuki dunia kerja.

Sumber : Universitas Widyatama

One comment on “UTama – Universitas Widyatama Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s